Cerita Yustine

Cerita Yustine
a story of love and life

yang udah mampir

Hit Counter

Sabtu, 03 September 2011

Sedetik Saja

Hari ini saya menjenguk keponakan yang dirawat di Panti Rapih. Dasar si tukang nyasar, di rumah sakit yang udah ratusan kali saya datengin aja tetep nyasar, hahaha parah banget. Saya parkir di samping Vivo Resto, mampir ke minimarket yang ada disitu sekalian beliin ponakan saya makanan. Ponakan saya dirawat di Elisabeth III ruang 308. Cukup jelas bukan petunjuk yang ada di koridor rumkit itu? Tapi bukan saya namanya kalo gak nyasar dulu, abis dari minimarket dengan pedenya saya masuk lift dan naik ke lantai 3. sampe disitu bingunglah saya, kok ya tulisannya ruang bersalin, ruang perawatan ibu dan anak, trus Lukas. Loh loh, tepok jidat baru sadar kalo ini lantai 3 tapi beda bangunan hahahhaha..... Saya pun puter balik, masuk lift lagi dan turun ke lantai 1.

Di lift itu saya sendirian, tiba-tiba saya keinget waktu kedua Tuyuls dirawat di rumkit ini beberapa tahun lalu. Jangan ditanya deh, runtuh rasanya dunia. Awalnya Kevin batuk batuk panas, gak berenti-berenti. Udah dibawa ke beberapa dokter gak sembuh-sembuh juga. Tiap batuk dia muntah, dan sampe 'ngikhil' apa ya bahasa Indonesia nya? ummm gitu deh sampe parah banget pokoknya. Waktu itu Bile baru berumur 1 bulan lebih, masih bayi merah gitu. Duh...mana suami yang saat itu kerja di studio musik selalu pulang larut malam. Tinggallah kami bertiga di kamar. Kevin masih berumur 2.4 tahun. Suatu malam waktu Bile rewel banget, saya bangunin pembantu yang (maaf) agak kurang 1ons itu gak bangun-bangun, suami gak pulang-pulang macem Bang Toyib aja, Kevin batuk batuk, dan minta minum. Posisi saya lagi netek-in Bile, susah bergerak, karena kalo dilepas si Bile nangis kenceng banget. Saya kerepotan ngambilin gelas, eeeh Kevin dengan mandiri nya turun sendiri dari tempat tidur, jalan sambil gemetaran dan minum sendiri, abis itu meluk saya dan adiknya. Alamak....sampe detik ini pun hati ini masih miris kalo inget itu, hiks

Besoknya Kevin ke dokter untuk yang ke-4 kalinya, sama Papanya dan Auntie Linda. Saya tunggu lamaaa banget gak pulang-pulang, saya gak ikut karena Bile juga panas dan rewel banget, tiap minum selalu muntah. Haduh...hati ini terbelah, gak bisa mikir apa-apa :( 
Beberapa jam kemudian suami saya telfon dan bilang kalo Kevin harus opname, huaaa opname? Ya sudahlah, asal dia sembuh apapun harus dilakukan, bukan? Saya bergegas ke rumah sakit, ninggalin Bile yang masih panas tinggi, bawain Kevin baju dan mainan. Kevin anak yang cukup tahan sakit, artinya dia kalo disuntik, disuruh minum obat nurut aja, mungkin karena udah sejak bayi kena flek jadi harus minum obat setiap hari selama 6 bulan, jadi udah biasa. Pas saya dateng Kevin udah diinfus di ruang persiapan opname. Setelah Kevin masuk ruang perawatan dan mulai tenang, gak nangis lagi saya pulang ke rumah. 

Semaleman saya nungguin Bile yang panas, minta gendong terus, minta nenen terus. Besoknya saya bawa dia ke dokter dan dokter menyarankan Bile harus segera diopname. Haduh...dua-duanya? hiks hiks.. kata dokter sih mereka kena Pneunomia (radang saluran pernafasan). Sempet nungguin lama banget di ruang persiapan opname, karena belum dapat kamar. Akhirnya dapat kamar di kelas 3. Waduh...Kevin kan di kamar lain, maksud saya sih cari yang satu kamar buat 2 pasien aja biar gak bolak balik, tapi penuh semua, hiks.... Sepanjang malam saya parno banget, lagi di kamar Kevin denger bayi nangis saya lari ke kamar Bile, gitu juga sebaliknya, gak tenang sama sekali. Bolak balik bolak balik sampe ngalahin setrikaan T_T

Untunglah besok siangnya udah ada kamar yang available untuk diisi dua pasien. Jadilah kami berasa di rumah sendiri heheh ga bisa gitu juga ding, mana enak sih di rumkit? Tapi at least mata saya bisa sekaligus ngawasin anak-anak, secara mereka kan belum ngerti kalo lagi diinfus itu gak boleh banyak gerak, jadinya dikit-dikit berdarah, huhuhuhu... Jangan ditanya gimana rasanya liat anak batita dua-dua nya diinfus, si Bile malah dipakein oksigen karena sesak nafas, dan Kevin setiap beberapa jam sekali harus dinebulizer, saya gak inget makan, gak bisa tidur, wah...yang ada di pikiran cuma anak-anak aja :(

Selama 5 hari dirawat, tiap malam saya ditemenin mama mertua dan mbak nya anak-anak (yang oon tadi itu). Suami gak pernah tidur di rumkit karena banyak recording di studio, huh! bukannya bantu jagain juga, mbak nya tiap malem malah ngorok pules. Saya yang kurang tidur, kurang makan, banyak pikiran, capek, dan sejuta kelelahan lain jadi stress, rasanya mau ngamuk, sementara habis lahiran gitu kan emosi masih tinggi banget kan ya? waduhhh....di hari ke - 4 suami (akhirnya) ikutan jaga semaleman (cuma malem itu doang), walaupun saya tetep gak bisa tidur. Nah pagi hari ke-5 saat lelah saya udah memuncak, suami lagi sarapan, mama mertua lagi pulang, saya suruh si mbak jagain anak-anak, saya pesenin baik-baik "jagain ya mbak, jangan sampe infusnya berdarah", saya pun tidur. Kayaknya baru tertidur 10 menit suami masuk kamar dan panik karena liat infusnya anak-anak berdarah, si mbak TIDUR!!!!! Dan tidur dengan manisnya di ranjang Bile. Astagaaaaaa.... keterlaluan gak sih?

Saya murka banget, tapi mau gimana lagi, udah kejadian. Abis itu dokter dateng dan bilang kalo mereka udah boleh pulang, lega rasanya. Saya pun mau diajak suami nyari makan buat saya sendiri karena emang beberapa hari hampir gak bisa makan. Saya masih pusing, banyak pikiran dan lain-lain jadi pasang wajah singa abis beranak, senggol dikit bacok pokoknya. Di lift cuma kami berdua, suami keliatan agak ngeri liat muka bini nya yang ngalahin preman inih, tapi dia melampaui jarak, merangkul saya ke pelukannya dan bilang "capek ya sayang? sudah...kan anak-anak udah boleh pulang..." tringg... pintu lift kebuka, adegan satu detik maha romantis itupun terputus.

Tapi tau gak? (Ini rahasia, saya gak pernah bilang ke dia), sedetik pelukan saja beban ini rasanya terangkat, sedetik pelukan saja lega lah hati ini. Bener...semua kelelahan itu terbayar, karena beberapa hari kemarinnya kita kan sama-sama fokus ke anak-anak, boro-boro pelukan untuk saling membagi beban, saling tatap aja gak. Nah kaum adam? lihat betapa mudahnya membuat kami para wanita ini bisa pasang muka senyum sepanjang tahun, gak lagi macam singa beranak. The point is, emang cuma lelaki yang pengen dimanjain dan dilayanin tiap hari? Kami perempuan juga kali, gak usah dengan disiapin makanan, baju dll, cukup peluk aja, just hug and everything will be better (sama selipin tambahan duit belanja yaaaa)hihihii..

















Images nya dari sini

2 komentar:

  1. Ya ampun Yustineeeeeeee............

    gue bacanya sampe merinding. Cobaan banget-banget itu dua anak sakit sekaligus dan harus masuk RS.

    Si Mbak-nya lagi. Ditinggal 10 menit aja malah asik tidur. Iiiiiigghh, gue panas tau gak bacanya. Jadi pengen marah-marah juga.

    Gue ngerti banget perasaan lo. Udah capek, stress, harus sendirian pula. Rasanya nelongso banget. Perasaan sendiri dan gak ada yang bantu (bisa bantu atau mau bantu) itu yang bikin kita helpless banget rasanya ya. Padahal kalo dikasih perhatian dikiiit aja pasti kita terhibur.

    Mudah2an cukup sekali aja duo tuyuls masuk RS. Kebayang patah hatinya seorang ibu ngeliat anaknya diinfus sampe berdarah2 gitu.

    BalasHapus
  2. Iya hiks hiks, kalo inget itu, perih dan sedih nya masih berasa sampe sekarang mak... yang gw bilang masa-masa suram dalam hidup gw termasuk sampe baby blues syndrome gw gak ilang-ilang, ya pada saat itu juga, stres berat gw, sampe turun 6kg, muka cekung kayak orang tua, gak sempet ngurus badan, pas pula di kantor lama suasananya lagi gak enak sama sekali.... hiii amit-amit semoga gak kejadian lagi deh T_T

    BalasHapus