Cerita Yustine

Cerita Yustine
a story of love and life

yang udah mampir

Hit Counter

Jumat, 29 April 2016

Mungkin Hanya Ibu

Mungkin hanya seorang ibu yang tahu rasanya terharu bahkan menangis ketika putera atau puteri kecilnya berhasil melakukan hal sederhana misalnya pertama kali bisa berjalan sendiri, makan sendiri, pakai baju sendiri, berenang dan menyelam tanpa pelampung, pentas di sekolah, atau  wisuda TK. Seorang Ibu tahu betul rasanya semua itu.

Dan mungkin hanya seorang Ibu yang tahu rasanya ketika anak yang beranjak remaja mulai curhat soal lawan jenis. Kayak yang saya alami barusan ini. Anak pertama, si Kevin sudah hampir berumur dua belas tahun. Sudah mulai deg-deg an nih mendidik anak usia menjelang remaja begini. Cara menegur pun sudah harus berbeda. Kalau dulu bisa dengan kalimat bernada sedikit tinggi, sekarang harus lebih pada pengertian sebab akibat. 

Sore ini tetiba Kevin ngotot pengen pinjem account Instagram saya, biasanya sih emang dia suka pinjem untuk lihat-lihat profile youtubers favoritnya. Tapi berhubung lagi dicharge ya saya gak pinjemin dulu. Setelah dikembalikan Kevin mulai cerita deh

"Jadi gini Ma, aku itu gak bisa hilangin pikiranku soal cewek yang ketemu waktu acara di Babadan kemarin"

What? Aduh pegimane ini. Panik...panik.

Oke, tarik nafas, tetep senyum.

"Eh, anak Mama udah gede, ayo dong cerita kayak gimana ceweknya sampai Kevin kepikiran?"

"Cantik sih Ma menurutku, dia anak SD Kanisius Babadan. Nah, kemarin itu aku didorong temenku, kesenggol dia, dia gak marah Ma, cuma senyum-senyum aja. Aku tanya-tanya ternyata dia temennya Ceri di tempat les. Aku kan jadi penasaran"

"Kenapa gak diajak kenalan aja Nak? Kan gak apa-apa kenalan dulu" *sumpah ini rasanya gimanaa gitu. Tapi harus lanjut.

"Ya aku mau sih tapi malu. Jadi aku tanyain deh sama Ceri instagram nya namanya apa. Aku bilang sama Ceri kalau aku belum diizinkan mainan instagram, jadi aku pengen lihat dia aja. Eh aku cari nggak ketemu, Ma. Satu-satu nya jalan untuk ketemu dia lagi ya harus ikut les di tempat Ceri itu. "

Bile nyeletuk "Ih kakak, gimana sih? Ajak kenalan dong, hai aku Kevin, kamu siapa? Gitu dong!"
* Ini lagi  bocah satu lama-lama gue bonsai jugak haha.

" Hmm gitu, ya nanti kalau ada saatnya kenalan atau ketemu bisa kok sayang. Sabar aja ya. Yuk siapin buku buat besok"

Huff... jadi gini rasanya punya ABG? Kok belum iklas ya, masih pengen mereka bayik aja terus, hihihi. Tapi kan waktu terus berjalan, memang akan ada masanya  mengalami hal semacam ini. Pun saya gak punya anak perempuan, jadi gak harus mikirin gimana jelasin ketika dia dapat menstruasi pertama kali. Walaupun, anak laki juga harus dijelaskan mengenai reproduksi pastinya, tapi PR saya gak seberat kalau punya anak gadis, mungkin. 

Satu hal yang saya suka dari percakapan singkat soal cewek menarik hati itu adalah Kevin mendengar pesan saya bahwa apapun yang dialami atau dirasakan harus diceritakan ke orangtua, sampai nanti saatnya bisa mengatasi sendiri. Dan saya cukup senang kalau mereka mau terbuka, untuk hal apapun, lebih baik kita tahu dari anak sendiri daripada dari orang lain, bukan? PR lain adalah menjaga agar anak-anak selalu menjadikan orangtuanya sahabat.

Duh, harus banyak belajar lagi!





 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar