Cerita Yustine

Cerita Yustine
a story of love and life

yang udah mampir

Hit Counter

Minggu, 24 April 2016

Duo Bujang






Ngerasa digetok aja sama kakak pertama yang bilang “kamu itu dek, udah resign malah gak pernah nge blog lagi, males amat” Hahaha iya kak, kebanyakan mager ni #liriklemak #pingsan. 


Full mengurus rumah tangga ternyata seru juga, saya jadi punya waktu banyak untuk mengamati dua anak bujang saya, punya banyak waktu untuk bercanda dan bertukar pikiran (dan ngembat teh)dengan  suami, punya banyak waktu untuk ngepel, nyuci, setrika, urus piaraan –oke ini mah kerjaan wajib judulnya. 


Ngomongin dua anak bujang, sekarang mereka pulangnya udah sering banget jam 2.30 siang. Lama banget kan nungguin mereka. Duh nak, gimana nanti kalau udah SMP, SMA, kuliah? Apa gak sedih Mamak mu ini ngelangut di rumah? Ya walaupun kehibur juga sama kerjaan online shop sama kerjaan rumah itu tadi, tapi tetep aja rasanya sepi kalo gak ada mereka berdua.

Begitu sampe rumah mereka biasanya buka pintu kamar (kalo saya pas di kamar), bilang “Siang, Ma!” abis itu ganti baju, trus masuk kamar deh. Kalau gak mainan gadget ya main robot atau apalah atau paling nonton kartun. Dan Mama nya ini tetep sendirian juga. Ih, dulu pas mereka kecil suka pengen dapet “me time” sekarang malah kangen ya digelendotin. Ya masih juga sih, Cuma kan mereka ini mandiri banget, cowok pula, jadi malu deh kalo manja-manjaan yang berlebihan ke mama nya. Ya gak apa-apa, namanya juga tahapan hidup. Ada saatnya. Saya bersyukur mereka masih mau peluk-pelukan sama mama nya, masih nyari kalo ada pr, masih ngajak saya nonton acara favorit mereka, dan yang penting masih suka cerita semua ke Mama. 


Soal kemandirian, saya yang emang ngotot mereka harus bisa mandiri sejak kecil. Hal paling simple ya, saya gak akan nyiapin minuman untuk dibawa ke sekolah, mereka harus bisa ngisi  botol minumnya sendiri. Pakai baju dan sepatu sendiri, termasuk nyiapin buku. Kalau ada buku ketinggalan? Ya saya gak mau nganterin ke sekolah, jadi mereka tau resikonya. Terdengar cukup kejam ya, tapi beneran deh, saya mau mereka kelak bisa survive dalam kehidupan yang semakin hari akan semakin keras. Sejauh mana kita sebagai orangtua bisa menemani coba? Gak usah ngomongin umur deh, tapi misalnya suatu saat kita harus jauh dari mereka, kasian kan kalau mereka sampe gak tau caranya masang kaos kaki, misalnya. 


Saya juga mulai ngajarin mereka masak, yang sederhana dulu sih, goreng telur sama oseng kangkung. Dan bisa! Dengan catatan HARUS ADA ORANG DEWASA YANG NEMENIN!

Pas hujan? Tenang, mereka udah terlatih untuk angkat jemuran. Maklum ya, kami sekarang gak ada asisten rumah tangga. Jadi apa-apa dikerjakan sendiri. Cuci piring? Sepele itu mah. Hihihi.. boleh ya sombong dikit. Soalnya banyak anak yang seumuran mereka kalo makan aja masih disuapin. Kalau ilmu parenting, saya banyak melihat orang tua saya, betapa mereka mengajarkan tanggung jawab sejak dini. Saya inget banget waktu itu masih kelas lima SD dan saya kebagian tugas nyuci piring. Kakak kedua, marah-marah karena saya gak langsung ngerjain. Dengan tegas Bapak bilang “udah Nik, biarkan saja, itu tanggung jawab dia, biar dikerjakan adekmu, kamu kerjakan lah tugasmu!” digituin eh saya malah langsung gerak. Jadi sedikit banyak saya mengajarkan anak-anak untuk berlatih bertanggungjawab. 
 



Kevin itu, anaknya cenderung lebih diam. Tapi dia tahu tugasnya. Untuk mata pelajaran yang sulit, dia akan berusaha, seperti target yang dia buat, misalnya harus nilai sekian. Padahal saya sih gak pernah maksa, biarin aja, yang penting pelajaran dipahami semua. Karena cenderung pendiam, Kevin ini agak susah nunjukin perasaannya. Jadi harus sering diajak ngobrol.

Nah kalau Bile? Ya gitu deh hahaha... tiap waktunya belajar untuk ulangan, pasti ngantuk, laper, haus, mau mainan sama cowi (anjing piaraan), ini itu. Waktunya pulang, eh dia main dulu sampe temen-temennya pulang semua. Untung tukang ojek langganan itu ekstra sabar. Mau aja dia nungguin Bile sampe mau pulang, walaupun hanya selisih lima menit sebelum jam Kevin pulang, tetap aja dianterin. Udah gitu sering pula minta ikut nganter temen yang rumahnya lebih jauh daripada rumah Bile. Terbukti dari Bile hapal rute ke rumah temennya yang setahu saya belum pernah dia kunjungin. Ternyata oh ternyata, dia suka ikut nganterin. Wah, upahmu besar di surga, Pak!

Urusan perasaan, duh ni anak jago banget deh rayuannya. Bakalan klepek-klepek deh kalo dia udah ngerayu.

“Ma, minta tolong ma, bukain ikat pinggang, plis Ma, Mama yang paling cantik se kelurahan”

Ya nggak kelurahan juga, nak!



Nah barusan tadi pas dia belajar, saya kesandung kursinya. Beneran sakit. Si Bile langsung ngelus-elus kaki saya, “Duh Mama sayang, kasian banget. Sakit yaa.. sini sini.. aku peluk...” sambil cium-cium.

“KA..POK! mama sih gak hati-hati!”

Dan adegan romantis pun berakhir. Hahahaha

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar