Cerita Yustine

Cerita Yustine
a story of love and life

yang udah mampir

Hit Counter

Minggu, 05 Februari 2012

Ngidam

Gara-gara baca postingan kakak saya tentang ngidam saya jadi berusaha nginget-nginget makanan apa yang paling saya pengenin waktu hamil. Lumayan mengerenyitkan dahi nih, secara terakhir hamil udah 5 tahun lebih heheh...

Hamil Kevin

















Waktu hamil Kevin saya ngebet banget pengen makan bubur manado masakan mertua. Eh bener deh mama mertua ini kalo memasak endang markonce, apalagi masakan Manado, hmmmm dijamin yang lagi diet pun terpaksa membatalkan diet sementara waktu *pengalaman* hehehe. Bubur manado buatan mama mertua gak jauh beda sih sama buatan orang Manado lainnya. Jadi bubur dicampur labu kuning, kangkung, daun kemangi, trus apalagi ya? Pokoknya sayur-sayuran gitu deh, makannya pake ikan asin dan dabu-dabu alias sambel. Sayangnya waktu saya pengen banget makan bubur itu, mama mertua lagi di Balikpapan, huhhh keburu ngeces suami pun nyariin ke rumah makan manado, kesana kesini gak dapet, untunglah akhirnya nemu juga di rumah makan yang pemiliknya adalah temen mama mertua,, senangnya rasa hati ^_^

Selain ngidam bubur manado, saya juga kangen abis sama bubur ala Kalimantan Barat tepatnya ala kampung halaman. Jadi bubur biasa dikasi kaldo sup, bagian atasnya dikasi taburan teri goreng dan kacang tanah, makannya pake sambel, jeruk limau, kecap asin dan manis trus pake saos sambel gitu deh. Hiyaaaa... mana ada di Jogja yang jualan begitu? Huhuhuhu... saya ini penggemar ikan teri tapi fanatik sama teri dari kampung yang gede-gede, gak terlalu asin, agak kering dan rasanya enak. Daripada gak keturutan, saya pun hunting ikan teri yang hampir mirip dengan yang dari kampung, trus bikin sendiri deh... Cuma ya rasanya beda banget... tapi tak apa, yang penting hasrat terpenuhi.

Yang lucu, waktu hamil Kevin ini suami jadi doyan banget makan mangga muda dicocol garam campur cabe. Hihihihi...kata orang-orang sih kalo pas hamil suami yang ngidam anaknya  bisa deket sama papanya. Dan itu bener, Kevin lebih deket sama papa nya ketimbang Bile, mungkin juga karena jarak lahir Kevin dengan Bile deketan ya, jadi Kevin diperhatiin papanya sementara saya ngurus Bile waktu bayi. Tapi kenapa cuma pas ngidam ya? Kenapa gak sakit pas lahiran aja yang dikasi ke suami juga kekkeke....

Hamil Bile












Nah...pas hamil Bile ini manjanya ampun-ampun deh, saya morning sick sampe berbulan-bulan, gak cuma di tiga bulan pertama aja. Jangankan makan yang berbau daging atau telur, minum air putih aja muntah, minum susu? beeeeh jangan ditanya, biar kata susu yang iklannya mengurangi mual, tetep aja balik lagi :( Alhasil berat badan susut, dari 54 kg (maygat...abis lahiran Kevin ini badan udah kayak bola, tinggal digelundungin aja) menjadi 47kg which is good, gak perlu repot-repot nurunin banyak ntar, bayangin kalo minimal naik 10kg aja, kalo misalnya dari 54kg pegimane ceritanya saya yang semampai ini jadi 64kg? huaa gak kebayang deh. Cuma, kasian si jabang bayi kan kalo emaknya hamil malah turun berat badannya. Konsultasi sama dokter, dikasi obat anti mual dan disuruh bedrest, lah gimana mau bedrest? Cuti kan juga gak bisa lama-lama, terpaksa deh obat itu diminum di pagi hari biar bisa makan, tapi akibatnya seharian mata kayak dilem! Susah banget dibuka nya *yawn* Dilema deh, gak diminum tiap 5 menit lari ke wastafel, kalo diminum yang ada kepala gak bisa diangkat, maunya ditaro di meja aja terus :'( 



Masuk minggu ke-5 saya menemukan makanan favorit yang selanjutnya tetap menjadi favorit di masa kehamilan Bile, adalah....indomie goreng dan cofeemix panas! Yasalam....mana boleh bumil konsumsi begituan terus? Pernah tuh saya udah gak tahan, kepengen banget makan indomie goreng, suami yang jadi sasaran saya merengek-rengek minta indomie, karena gak dibolehin, saya ngelunjak, jam 10 malem minta dibeliin ca kangkung hhahhaha... beliau pun membelikan biarpun sambil merengut, eitssss perbuatan siapa coba saya sampe tekdung? kekekkek... sampe di rumah, ca kangkung yang malang itu cuma saya sentuh sesendok, ya gimana dong, saya kan pengennya indomie :p

Beberapa minggu kemudian, barulah saya menemukan makanan yang paling pas di lidah. Adalah warung kecil banget, nyempil di antara bangunan kantor dengan toko di sebelah, warung itu namanya warung Mak Yuli, karena yang jual namanya Mak Yuli, langganan para supir dan kernet bis kota yang kebetulan ngetem di deket-deket situ -__- Ya kalo pagi hari masih belum ada yang beli sih masih yummy aja, saya dan teman-teman kantor sering beli makan di situ dan ketawa-ketawa sendiri kalo inget Mak Yuli jualan gorengannya lucu, kalo satu Rp 350,- tapi kalo beli tiga jadi Rp 1000,- hihihihi lebih mahal ya bow kalo beli banyak :p 
Nah, Mak Yuli ini punya menu sayur bayam bening, sambel tomat sama tempe garit dan ikan bandeng yang oke banget (menurut saya pada waktu hamil loh ya), kalo bikin sendiri kok rasanya beda, gitu hehhee.. Jadilah tiap pagi saya udah disediain satu mangkuk sayur bayam berikut sambel dan lauknya. Hore... case closed, muntah-muntah berkurang jauh, kecuali kalo lewat warung bakso,soto,liat telur ceplok, cium bau sate dll. Hihihi

Bumil ini juga ngelunjak abis, waktu itu Bapak dan Mamak mau dateng ke Jogja, langsung deh terlintas di otak makanan yang gak ada di sini, saya pun pesen macem-macem, mulai dari tempoyak, kerupuk kulit B2, jamur kuping, sawi ladang (yang pait banget), terong asem, rebung kering, cabe rawit, ikan teri, sampe dendeng daging rusa! Hahahah...kasian juga bonyok sampe bingung bungkus tempoyak biar gak bau selama di pesawat. Eh suer deh, rasanya nikmat banget kalo keturutan gitu.

Saya juga pengen banget makan pecel mbok Kami di Ambarawa, deket rumah Simbah, yang jualan masih sodara, itu pecel sayuran sama mie, tapi toppingnya sejuta loh, ada gimbal (bakwan udang), aneka gorengan, sate usus, sate keong, aduhhh pokoknya nikmat banget deh *ngeces* Suatu hari suami nganterin Bapak Mamak ke Ambarawa, dan saya udah wanti-wanti minta dibawain pecel berikut temen-temennya itu. Dan....dia lupa! Berhubung istrinya lagi ngidam, daripada sampe Jogja bakal banjir air mata, biar sudah cukup jauh dia balik arah untuk beli pesenan saya itu kekekekek.....


Ya begitulah cerita ketika saya ngidam, gak aneh-aneh sih, secara biarpun gak ngidam kalo Bapak dan Mamak mau ke Jogja tetep aja saya pesenin makanan-makanan aneh yang gak ada di sini, sama pecel itu juga, kalo ke Ambarawa kudu nyempetin maem pecel, ini mah bukan ngidam ya bow tapi maruk aja sama doyan makan hihiihhi..

3 komentar:

  1. duh..
    kalo ngidam emang bawaan pengen yang aneh aneh yah...

    pelampiasan karena suka muntah muntah kali yah...
    tapi ngidam indomie itu, aku juga lho...

    BalasHapus
  2. Halo bi... makasih udah mampir ya...

    hihiihih iya kali, karena lidah berasa pahit jadi pengennya yang aneh-aneh ^_^

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus