Cerita Yustine

Cerita Yustine
a story of love and life

yang udah mampir

Hit Counter

Kamis, 01 Desember 2011

Wang Sinawang

Seorang teman bertanya kepada saya "Kok bisa sih Yus jam 5.30 pagi kamu udah kelar aja masak makanan nasi, sayur, lauk lengkap dengan sambel pula, emang bangun jam berapa?" 
Ada juga teman yang bilang "ampunnnnn pulang kerja masih harus bersih-bersih, ngajarin anak? gak capek bu?"
Yang lain bilang "Punya anak dua,masih kerja kantoran, gak pake pembeti, masih ceria aja"
Dan beberapa pertanyaan lain kalau teman-teman melihat keseharian saya yang buat orang lain mungkin terlihat ribet. Lalu apakah saya merasa enjoy? Jujur aja CAPEK! Siapa bilang mengerjakan pekerjaan rumah tangga itu gak capek? Untuk ibu yang stay di rumah keluhannya pasti sama, mungkin orang lain melihatnya enak, tiap bulan terima uang dari suami tanpa harus ikutan bekerja, tapi emang beneran gitu? Nggak juga deh kayanya. Kerjaan rumah tangga itu gak abis-abis, percaya deh.

Yang saya lakukan setiap hari adalah bangun jam 04.45 langsung nyiapin teh buat sambil menanak nasi (saya gak pake rice cooker), nyuci piring bekas semalam kalau misalnya saya udah keburu tepar, masak yang simple aja, misalnya ayam goreng, sup, semua dikerjakan sambil menyapu lantai dan ngecek buku di tas anak-anak, terutama Kevin karena dia tu suka adaaaa aja yang ketinggalan. Rendam pakaian yang gak bisa dimasukin laundry, sambil nyiapin bekal anak-anak juga. 

Jam 06.00 bangunin anak-anak untuk mandi, sementara mereka mandi saya bisa sambil nyiapin baju sambil nyuri-nyuri nonton infotainment, gak lucu dong kalau saya gak tau apakah Jupe masih berbentuk balon atau gak itunya uuupsss hahahhaa.... Biasanya anak-anak selesai mandi jam 06.20, bantuin mereka pake baju, sarapan sedapetnya, trus kasi tongkat estafet ke papa nya buat nganter sekolah. Abis itu baru deh saya bisa "me time" alias nerusin ngepel (kalo perlu), bersihin teras yang segede lapangan basket itu *lebay*, trus nyuci, jemur pakaian, mandi dan upik abu pun menjelma jadi kuli kantoran T_T

Pulang kantor yang saya lakukan pertama kali adalah taro tas, buka jaket, buka rambut palsu, copot asesoris, langsung mungutin gelas-gelas yang bertebaran karena pagi nya suka gak sempet diberesin. Bete aja kalo liat rumah berantakan. Trus nyuci piring, abis itu jadi bu guru deh. Tapi ya gitu deh, kalo fisik udah capek ditambah pikiran tentang kerjaan, yang ada marah melulu dan hilang kesabaran dalam ngajarin Kevin. Gemessss gitu rasanya kalo dia belum ngerti juga materi yang diajarin. Makanya setelah berpikir keras dan membuang sok perfect sebagai -I'm a supermom-  person, saya mutusin buat nyari guru les buat Kevin. Bukan apa-apa, kasian anak-anak jadi korban omelan, malih ;)

Seorang teman pernah bilang "Gak apa-apa rumah kotor yang penting anak-anak terurus dengan baik, jangan sampai kita kehilangan masa keemasan mereka" Hmmmm pengennya sih semua berjalan dengan baik ya, tapi emang namanya manusia selalu aja ada gak sabarnya, betul gak? Kadang kangen juga gendong-gendong mereka waktu masih bayi, tau-tau sekarang udah pada bisa mandi sendiri, makan sendiri, kadang kalo saya lagi capek banget mereka udah bisa sikat gigi dan cuci kaki sendiri trus naik ke tempat tidur, bobok manis di dekat saya. 

Saya ini orang yang gak bisa ninggalin anak-anak kalau saya gak yakin mereka terurus dengan baik. Ada tuh beberapa kali anak-anak terpaksa di rumah sama papa nya doang, karena oma lagi gak bisa jagain, dan mau gak mau papa nya harus stay. Duuhh saya kepikiran terus. Siang pas jam istirahat saya bela-belain pulang untuk ngasi makan siang anak-anak. Pernah juga saya tinggalin meeting di Jakarta selama 3 hari, bener-bener gak tenang. Saya naik kereta paling malam, nyampe di Jakarta pagi langsung meeting, malemnya nginep di hotel, besok paginya lanjut meeting lagi, dan saya langsung pulang walaupun gak dapat tiket pesawat dan kereta, saya nekat naik travel demi mengejar anak-anak di rumah, saya gak tega bayangin mereka makan seadanya padahal sih gak gitu juga. Suami kalau ditinggal gitu bisa juga jadi super dad hihihihi...

Walaupun sudah pakai guru les, saya kok gak bisa ya pasrahin Kevin gitu aja? Di sela-sela nyiapin sarapan, saat ulangan gini saya siapkan juga latihan soal untuk dikerjakan Kevin pas dia di tempat Oma nya waktu siang hari. Yah gitu deh saya suka sok perfect. Enjoy? Ya...kadang... Saya inget waktu Kevin masih umur 1 tahun, saya baru pulang kerja dan langsung makan, kebiasaan nih saya sejak kecil suka makan sambil baca buku, keterusan sampe gede. Si Kevin merengek-rengek minta digendong, eeeh saya langsung bentak dia, hikss nyesel sih abis itu, dan di deket saya ada mama mertua yang langsung ngelus-elus punggung saya sambil  bilang "yaaa diterima aja Yus, sudah masa nya sekarang ada anak, jadi harus lebih sabar" gitu... sejak itu saya selalu inget perkataan mama mertua yang pengertian sekali itu :)dan berusaha menyeimbangkan ribetnya kehidupan sehari-hari dengan menyempatkan makan siang bareng the ladies, atau sesekali (eh seringkali ding) shopping hahhah... yang ini mah emang hobi ya bow :p

Bagaimanapun, seperti judul untuk posting ini: wang sinawang, saya gak tau persis artinya apa, tapi kurang lebih kalau melihat orang lain hidupnya enak, belum tentu kayak gitu. Selalu ada harga yang harus dibayar. Misalnya saya yang harus merelakan Kevin dibantu belajarnya sama guru les demi saya punya waktu 1,5 jam lebih banyak untuk membersihkan rumah dan menemani mereka menonton kartun favorit, atau misalnya merelakan untuk tidak menghabiskan weekend dengan suami karena dia harus mengurusi pekerjaannya. Misalnya lagi seorang teman baik saya yang belakangan ini fokus mengurusi bisnisnya sampai-sampai kami jarang berkomunikasi seperti dulu. Saya melihatnya dia sukses, bisnisnya lumayan maju, tapi ya itu tadi selalu ada harga yang harus dibayar untuk sebuah keputusan. 

Eniwei, untuk para super mom di luar sana, pasti masih banyak yang jauuuuuuh lebih hebat daripada saya yang gak seberapa ini. Seorang teman tadi malam bbm saya dan mengirimkan doa yang membuat saya berkaca-kaca "aku cuma bisa berdoa, mudah-mudahan kamu diberi sehat, kuat, sabar, dan murah rejeki, Yus, semoga kelak aku juga bisa mengurus keluargaku dengan baik" Aih..... aminnnnnnnnn


2 komentar:

  1. super super super mom
    kayanya gue gak akan sanggup kaya elu, Yus. Bisa handle semua urusan kantor, rumah sama anak

    sekarang ini gue sering kepikiran balik kerja lagi, asli gue bosen hidup gue saat ini kok cuma seputaran kain pel sama popok doang. Tapi lha, segini aja udah sering ngeluh capek gimana nanti kalo nyambi kerja. Dilema.

    BalasHapus
  2. wuaaaaaaaaa ini mah posting an isinya keluhan semua mak, itu juga masih dijaim-jaim in hehehe... masih jauuuhh dari super mom, pengen sih, tapi raga ini tidak bisa berbohong, lebih gampang capek :(

    nanti aja kalo anak-anak udah agak gedean kerja lagi, biar gak bosen ^_^ semangat ya mak... pasti rempong banget ngurus dua balita gitu, yang ada tiap hari ngomel kayak gw gini.

    BalasHapus